Friday, October 2, 2015

Dewi ayu tidak suka S



Dewi ayu tidak suka es
Mudah-mudahan anda termasuk orang yang akrab dengan istilah ini karena banyak sekali pembelajar bahasa inggris menggunakannya untuk memudahkan mereka dalam menentukan atau mengetahui penambahan s atau es pada kata kerja pertama /verb 1 dalam bahasa inggris. Nah, jika belum, maka ini adalah saat yang tepat untuk saya memberi tahu anda tentang apa itu DEWI AYU TIDAK SUKA S karena ini akan sangat bermanfaat untuk anda saat belajar bahasa inggris.

Seperti kita tahu bahwa ketika membuat kalimat bahasa inggris, ada aturan mengenai penambahan s/es pada kata kerja seperti berikut ini..
1.     Andon buys some sugar
2.     He makes a cup of coffee
3.     She drinks two glass of sweet tea
4.     Sono goes to Borobudur
5.     Itsnaina cooks fresh vegetable

Dari contoh diatas, kita dapat melihat semua kata kerja disana ditambah ahiran s/es seperti buys, makes, drinks, goes dan cooks, padahal aslinya kan buy,make,drink,go, dan cook. Hal itu disebabkan oleh subjectnya. Jadi, ketika subjectnya itu he, she, it atau nama orang tunggal, maka kata kerja ditambah s/es. Materi ini terdapat dalam simple present tense dan juga dalam subject-verb agreement.
Kemudian kita lihat lagi contoh kalimat berikut ini...
1.     They buy some sugar
2.     We make a cup of coffee
3.     I drink two glass of sweet tea
4.     You go to Borobudur
5.     I cook fresh vegetable
Nah, pada contoh kalimat diatas, kata kerja tidak menggunakan tambahan ahiran s/es. Kata kerja pertama tetap ada murni tanpa tambahan apapun seperti buy, make, drink, go, dan juga cook. Itu dikarenakan subject yang digunakan dalam kalimat-kalimat tersebut adalah I,you,we, dan they. Nah.... supaya memudahkan kita dalam menghafalkan penambahan s/es maka dibuatlah rumus DEWI AYU TIDAK SUKA S. DE –they, WI –we, AI-I, YU- you. (they-we-I-you) tidak suka S. Berarti ketika kita membuat kalimat dengan subject they,we,I,dan you maka kata kerjanya tidak usah ditambah S/ES. Namun, jika menggunakan subject seperti he, she, it dan nama orang tunggal kita menggunakan S/ES. Coba perhatikan contoh berikut;
-         I send you a message
-         He gives me much money
-         You bring heavy bag
-         She invites me to go to Semarang
-         They come to my birth day party
-         It has long feet
-         We take some water
-         Indra studies Japanese
Dapat kita perhatikan perbedaannya. Kata kerja mana yang harus ditambah S/ES dan kata kerja mana yang tidah ditambah S/ES.
Demikian penjjelasan dari saya......
Thanks a lot...........

2 comments: